17 Penyakit-Penyakit Oleh Cacing

Cacing dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit pada manusia. Beberapa di antaranya bisa sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat. Berikut adalah 17 penyakit yang disebabkan oleh cacing.

1. Ascarisasis

Ascaris lumbricoides adalah jenis cacing yang dapat menyebabkan ascarisasis. Cacing ini sering ditemukan pada usus manusia dan dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut. Ascarisasis biasanya terjadi pada anak-anak yang tinggal di daerah yang tidak higienis.

2. Trichuriasis

Cacing whipworm atau Trichuris trichiura dapat menyebabkan trichuriasis. Gejala-gejala yang muncul akibat infeksi cacing ini adalah diare, kehilangan nafsu makan, dan anemia.

3. Taeniasis

Taenia saginata atau cacing pita sapi dapat menyebabkan taeniasis pada manusia. Cacing ini biasanya masuk ke tubuh manusia melalui konsumsi daging sapi yang belum dimasak dengan sempurna. Gejala-gejala infeksi Taenia saginata termasuk mual, muntah, dan diare.

4. Cysticercosis

Cysticercosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing pita babi atau Taenia solium. Gejala-gejala yang muncul termasuk sakit kepala, kejang, dan gangguan penglihatan. Infeksi ini dapat terjadi jika seseorang mengonsumsi daging babi yang terkontaminasi cacing.

5. Ascariasis

Ascariasis adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh cacing Ascaris lumbricoides. Gejala-gejala yang muncul akibat infeksi ini meliputi diare, sakit perut, dan penurunan berat badan.

6. Anisakiasis

Anisakiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing Anisakis. Gejala-gejala yang muncul termasuk mual, muntah, dan sakit perut. Infeksi ini dapat terjadi jika seseorang mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang.

7. Enterobiasis

Cacing pinworm atau Enterobius vermicularis dapat menyebabkan enterobiasis. Gejala-gejala yang muncul akibat infeksi ini meliputi gatal-gatal pada area anus dan sakit perut.

8. Schistosomiasis

Schistosomiasis adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh cacing Schistosoma. Infeksi ini dapat menyebabkan gejala seperti demam, sakit kepala, dan sakit perut. Schistosomiasis sering terjadi pada orang yang tinggal di daerah yang tidak higienis.

9. Onchocerciasis

Onchocerciasis disebut juga sebagai penyakit mata sungai. Infeksi ini disebabkan oleh cacing filaria Onchocerca volvulus. Gejala-gejala yang muncul termasuk gatal-gatal dan kerusakan pada mata.

10. Filariasis

Filariasis adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria seperti Wuchereria bancrofti dan Brugia malayi. Gejala-gejala yang muncul akibat infeksi ini meliputi kaki bengkak dan sakit kepala.

11. Echinococcosis

Echinococcosis adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing Echinococcus granulosus. Infeksi ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit perut, mual, dan muntah. Echinococcosis sering terjadi pada orang yang tinggal di daerah pedesaan dan memiliki kontak dengan hewan ternak.

12. Fascioliasis

Fascioliasis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing Fasciola hepatica atau Fasciola gigantica. Gejala-gejala yang muncul akibat infeksi ini meliputi sakit perut, mual, dan demam.

13. Gnathostomiasis

Gnathostomiasis adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing Gnathostoma spp. Infeksi ini dapat menyebabkan gejala seperti sakit perut, gatal-gatal, dan kejang.

14. Diphyllobothriasis

Diphyllobothriasis adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh cacing pita ikan atau Diphyllobothrium spp. Gejala-gejala yang muncul akibat infeksi ini meliputi diare, sakit perut, dan penurunan berat badan.

15. Taeniasis saginata

Taeniasis saginata adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing pita sapi atau Taenia saginata. Infeksi ini dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, dan diare.

16. Strongyloidiasis

Strongyloidiasis adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing Strongyloides stercoralis. Infeksi ini dapat menyebabkan gejala seperti diare, mual, dan muntah.

17. Hymenolepiasis

Hymenolepiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing Hymenolepis nana atau Hymenolepis diminuta. Gejala-gejala yang muncul akibat infeksi ini meliputi diare, sakit perut, dan penurunan berat badan.

Kesimpulan

Cacing dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit pada manusia. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan dan menghindari makanan yang tidak bersih. Jika kamu mengalami gejala-gejala yang mungkin disebabkan oleh infeksi cacing, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

FAQ

1. Apa yang menyebabkan infeksi cacing pada manusia?

Infeksi cacing pada manusia biasanya terjadi karena konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi cacing atau kontak dengan tanah yang terkontaminasi telur cacing.

2. Bagaimana cara mencegah infeksi cacing?

Beberapa cara untuk mencegah infeksi cacing meliputi mencuci tangan dengan sabun, memasak makanan dengan sempurna, dan hindari makanan yang tidak bersih.

3. Apakah infeksi cacing dapat disembuhkan?

Infeksi cacing dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Namun, jika tidak ditangani dengan tepat, infeksi ini dapat menyebabkan komplikasi yang serius.