5 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

5 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

1. Minum Kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di planet ini, dan untuk alasan yang bagus. Ini tidak hanya lezat, tetapi juga dapat membantu Anda tetap terjaga dan waspada. Tapi tahukah Anda bahwa kopi juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda? Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur sebenarnya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kopi bermanfaat untuk tidur Anda:

-Kopi mengandung kafein, yang merupakan stimulan. Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kafein dapat membantu Anda tetap terjaga dan waspada di siang hari. Namun, terlalu banyak kafein dapat memiliki efek sebaliknya dan menyebabkan kantuk dan kelelahan di kemudian hari.

-Kopi mengandung magnesium, yang merupakan stimulan lain yang telah terbukti meningkatkan kualitas tidur. Magnesium membantu mengendurkan otot dan meningkatkan aliran darah.

2. Tidur Siang Sebentar Saat Jam Istirahat

Saat ini semakin banyak sekolah yang mulai mengkampanyekan tidur siang sebentar saat jam istirahat agar siswa tidak terlalu mengantuk di siang hari. Tidur siang singkat dapat membantu Anda tetap waspada dan segar sepanjang hari. Plus, ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati Anda. Jika Anda tidur siang sebentar saat istirahat, Anda bahkan mungkin bisa menghindari rasa ngantuk di kelas nanti!

3. Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama bisa membuat Anda mengantuk. Saat Anda duduk, tubuh Anda dalam posisi setengah berdiri, yang dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengirim lebih sedikit darah ke otak Anda. Hal ini menyebabkan kantuk dan akhirnya mengantuk. Agar tidak mengantuk saat duduk, cobalah bergerak setiap 30 menit atau lebih. Duduk terlalu lama bisa membuat Anda mengantuk dan mengantuk. Jika Anda merasa lelah, cobalah untuk bangun dan bergerak setiap 20-30 menit untuk menjaga energi Anda tetap terjaga. Jika Anda merasa mengantuk di tempat kerja, istirahatlah sejenak untuk berdiri dan meregangkan tubuh.

4. Membuat Ruang Kerja Tetap Terang

Rata-rata orang menghabiskan sekitar sepertiga dari jam bangun mereka di tempat kerja. Itu banyak waktu yang dihabiskan di tempat yang gelap, dan penelitian telah menunjukkan bahwa bekerja dalam cahaya redup benar-benar dapat membuat Anda mengantuk. Lampu yang terang dapat membantu Anda tetap terjaga dan mencegah Anda tertidur.

Salah satu cara untuk menjaga ruang kerja Anda tetap terang adalah dengan menggunakan pencahayaan buatan. Ini termasuk apa saja mulai dari lampu tugas hingga layar komputer yang memiliki lampu latar. Jika memungkinkan, sesuaikan kecerahan dan warna lampu Anda agar tidak membuat Anda mengantuk.

Cara lain untuk membuat diri Anda tetap terjaga adalah dengan sering bergerak. Jangan duduk di satu tempat terlalu lama, dan bangun dan berjalan-jalan setiap 20 menit atau lebih. Ini akan membantu menjaga darah Anda mengalir dan pikiran Anda aktif. Dan yang tak kalah pentingnya, cobalah untuk tidak tidur siang di siang hari.

5. Mencuci Muka

Sering-seringlah mencuci muka agar tidak mengantuk. Ini sangat penting jika Anda ingin tetap terjaga di siang hari. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Utah menemukan bahwa orang yang mencuci muka setiap hari cenderung tidak mengantuk dibandingkan mereka yang tidak. Para peserta penelitian diberi tes yang mengukur kemampuan mereka untuk tetap waspada. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang mencuci muka mampu mempertahankan perhatiannya selama tiga jam lebih lama daripada mereka yang tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.