5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ada banyak manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ini termasuk mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan gagal ginjal. Selain itu, orang dengan tekanan darah tinggi lebih cenderung memiliki masalah seperti radang sendi dan nyeri kronis. Menurunkan tekanan darah juga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Ada banyak manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ini termasuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya; meningkatkan kejernihan mental dan memori; dan mengurangi risiko penyakit ginjal. Banyak obat tersedia untuk menurunkan tekanan darah, tetapi perubahan gaya hidup juga dapat membantu. Menurunkan berat badan dan berolahraga adalah cara utama untuk mengurangi hipertensi. Berikut merupakan tips menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Mengurangi Berat Badan

Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “The American Journal of Medicine” menemukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang kehilangan 10 persen dari berat badan mereka mengalami penurunan 29 persen dalam pembacaan tekanan darah mereka. Selain itu, orang yang mempertahankan berat badannya mengalami penurunan tekanan darah yang tidak terlalu mencolok, tetapi itu tetap signifikan.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, termasuk diet dan olahraga. Diet sehat mencakup banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, sementara berolahraga dapat mencakup berjalan kaki atau bersepeda selama 30 menit setidaknya lima hari seminggu. Jika Anda kelebihan berat badan atau memiliki tekanan darah tinggi, bicarakan dengan dokter Anda tentang bagaimana menurunkan berat badan dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

2. Menjalani Pola Makan Sehat

Tahukah Anda bagaimana menjalani diet sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi? Ini tidak sesulit yang Anda pikirkan. Dengan mengikuti beberapa panduan sederhana, Anda dapat memastikan bahwa makanan yang Anda makan setiap hari dikemas dengan nutrisi dan vitamin yang akan membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

Makan banyak buah dan sayuran. Ini adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah Anda. Tidak hanya mengandung nutrisi penting dan vitamin, tetapi juga menyediakan serat yang membantu mengatur pencernaan. Usahakan setidaknya 5 cangkir buah atau sayuran per hari. Batasi makanan olahan. Makanan olahan biasanya penuh dengan gula, garam, dan lemak tidak sehat.

3. Membatasi Konsumsi Garam

Tekanan darah tinggi adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tekanan darah tinggi didefinisikan sebagai tekanan darah lebih besar dari 140/90 mmHg atau pembacaan pada monitor tekanan darah standar di atas 120/80 mmHg. Selain itu, hipertensi telah dikaitkan dengan penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, kebutaan, dan masalah kesehatan serius lainnya. Menurut American Heart Association (AHA), orang yang memiliki hipertensi harus membatasi konsumsi garamnya hingga kurang dari 2.300 mg per hari. Batasan ini didasarkan pada kenyataan bahwa asupan garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Garam adalah bahan tambahan makanan umum yang dapat meningkatkan tekanan darah. Asupan garam yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya

4. Rutin Berolahraga

Olahraga teratur telah terbukti menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian terhadap individu obesitas, mereka yang berolahraga mengalami penurunan tekanan darah rata-rata 10 poin dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga. Olahraga juga tampaknya efektif untuk orang dengan hipertensi yang sudah ada sebelumnya. Peserta dalam penelitian yang berolahraga mengurangi risiko terkena hipertensi sebesar 58%.

5. Mengurangi Stres

Ada banyak cara untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan Anda. Berikut adalah 8 tips untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi:

Temukan hobi atau aktivitas yang Anda sukai dan luangkan waktu untuk itu. Ini bisa apa saja mulai dari melukis hingga mendaki. Menghabiskan waktu di luar di alam terbukti memiliki efek positif pada kesehatan jantung, termasuk menurunkan tekanan darah.

Beristirahatlah sepanjang hari. Saat Anda merasa stres, mudah untuk melanjutkan tanpa istirahat. Alih-alih bekerja sepanjang pagi, istirahatlah selama 20 menit untuk makan siang dan kemudian lanjutkan bekerja selama satu jam atau lebih sebelum istirahat kedua sekitar jam 5 sore. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari terlalu lelah dan stres di penghujung hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.