Alokasikan Untuk Investasi Reksa Dana

Alokasikan Dana THR Untuk Investasi Reksa Dana

Bagi pekerja dan karyawan memang Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan dana yang paling ditunggu menjelang hari raya seperti Idul Fitri. Ketika kita menerima THR, kita mungkin khawatir akan cepat habis karena banyaknya permintaan untuk Lebaran.

Agar dana THR Anda tidak hilang begitu saja Sebaiknya lebih berhati-hati dalam menginvestasikannya. Tidak masalah apakah itu melalui investasi seperti investasi reksa dana, atau opsi investasi lainnya. Opsi apa saja yang tersedia?

Reksa dana untuk investasi di pasar uang

Investasi reksa dana pilihan paling populer untuk berinvestasi di dana THR. Jika dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya, reksa dana yang satu ini merupakan pilihan investasi yang bebas risiko, terutama jika Anda mencari investasi yang bersifat jangka pendek. Selain itu, pendapatan bersih lebih besar dari tingkat bunga deposito.

Jika Anda ingin berinvestasi dalam dana ini, mulailah dengan jumlah awal yang sederhana. Jika Anda memutuskan untuk mengambil reksa dana pasar uang, itu bisa dilakukan kapan saja dan tidak ada penalti atau biaya diskon. Selain itu, investasi ini bebas pajak, dan tidak memiliki jatuh tempo. Ini berarti Anda lebih bebas untuk memutuskan kapan Anda harus mengambil uang itu.

Investasi reksa dana pendapatan tetap

Pada dasarnya, investasi reksa dana pendapatan tetap menawarkan keuntungan pengembalian yang umumnya lebih tinggi daripada investasi pasar uang. Kinerja reksa dana tersebut dipengaruhi oleh harga pasar obligasi serta tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Ketika suku bunga turun hasilnya adalah kenaikan harga obligasi yang dapat mempengaruhi kinerja reksa dana pendapatan tetap. Manajer Investasi dapat mendistribusikan dana di reksa dana Anda yang bersifat pendapatan tetap ke obligasi. Hasil yang diperoleh dari obligasi ini nantinya dapat diinvestasikan kembali ke dalam dana tersebut.

Layak untuk mencoba investasi saham

Pasar saham saat ini digemari oleh generasi milenial. Alasannya karena imbalannya sangat besar. Dimungkinkan untuk membeli saham ini per lot. Untuk mendapatkan potensi keuntungan yang paling besar, pilihlah saham-saham yang dimiliki oleh perusahaan yang memiliki fondasi yang kuat. Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang penjualan barang konsumsi atau lembaga perbankan. Namun, Anda juga harus menyadari risiko yang terlibat dalam berinvestasi di saham. Tujuannya adalah agar lebih siap untuk memprediksi atau mengurangi kerugian jika pasar keuangan tidak stabil.

Beli emas

Selain menjajaki opsi investasi yang telah disebutkan sebelumnya, tidak ada salahnya berinvestasi emas untuk mengelola dana THR. Investasi emas dapat dilakukan dengan mudah. Ini semudah membeli emas dan menyimpannya. Nanti bisa ditawarkan untuk dijual saat harganya naik atau saat Anda membutuhkan dana darurat.

Selain itu, emas menawarkan berbagai bentuk, termasuk emas batangan hingga bentuk perhiasan. Sebenarnya, sejumlah platform investasi juga menawarkan tabungan emas yang dibanderol mulai dari ratusan ribu. Namun, satu hal penting yang perlu diingat adalah jika Anda memutuskan untuk membeli atau berinvestasi emas, Anda harus memastikan bahwa Anda membelinya dari perusahaan yang memiliki reputasi baik dan memiliki sertifikat bersertifikat.

Jaga sisanya

Metode terakhir untuk merencanakan THR melibatkan tabungan. Meskipun merupakan praktik lama, menabung masih merupakan bagian penting dari membuat rencana di masa depan. Apalagi jika terjadi pandemi seperti saat ini, kita akan membutuhkan dana darurat yang cukup agar semua kebutuhan terpenuhi.

Anda dapat membuka rekening tabungan dengan bantuan bank pilihan Anda dan berdasarkan kebutuhan Anda. Kelebihan dari tabungan ini adalah dapat ditarik sewaktu-waktu ketika Anda membutuhkan dana mendesak dan dapat dilakukan langsung oleh teller atau melalui ATM.

Sudahkah Anda memilih jenis alokasi THR terbaik? Tidak masalah apakah itu investasi reksa dana atau cara lain, yang utama adalah berkomitmen dan secara teratur menginvestasikan uang Anda untuk mengamankan masa depan. Untuk membantu Anda berinvestasi dengan lebih mudah, manfaatkan platform investasi paling andal yang memberi Anda berbagai macam produk dan informasi dari perusahaan sekuritas terkemuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.