Cara Fermentasi Kotoran Sapi Untuk Pakan Cacing

Pendahuluan

Pakan cacing adalah salah satu elemen penting dalam budidaya cacing. Namun, pakan cacing terkadang sulit ditemukan dan harganya cukup mahal. Salah satu alternatif yang bisa kamu coba adalah dengan membuat pakan cacing sendiri dari fermentasi kotoran sapi. Berikut adalah cara membuatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan

– Kotoran sapi segar- Molase atau gula merah- Air bersih- Wadah atau drum besar- Ember atau wadah kecil- Alat ukur suhu dan pH

Proses fermentasi

1. Siapkan wadah atau drum besar yang bersih dan steril.2. Campurkan kotoran sapi segar dengan molase atau gula merah dalam wadah kecil atau ember. Pastikan perbandingannya 1:1.3. Tuangkan campuran kotoran sapi dan molase ke dalam wadah atau drum besar.4. Tambahkan air bersih secukupnya untuk menutupi campuran kotoran sapi dan molase.5. Aduk rata dan pastikan suhu campuran tidak melebihi 35 derajat Celsius.6. Tutup wadah atau drum dengan kedap udara dan biarkan fermentasi berlangsung selama 2-3 minggu.7. Cek pH campuran setiap hari, pastikan pH berkisar antara 6,5-7,5.8. Jika pH terlalu rendah, tambahkan kapur pertanian. Jika pH terlalu tinggi, tambahkan asam cuka.

Pemberian Pakan Cacing

Setelah fermentasi selesai, pakan cacing dari kotoran sapi siap diberikan. Berikut adalah cara memberikannya:1. Ambil sebagian kecil dari campuran fermentasi dan letakkan di atas media tanam cacing.2. Berikan makanan cacing dengan jumlah secukupnya. Jangan berlebihan karena bisa memicu pertumbuhan bakteri yang merugikan.3. Pastikan media tanam dan pakan selalu dalam keadaan lembab.

Keuntungan Menggunakan Fermentasi Kotoran Sapi untuk Pakan Cacing

– Biaya lebih murah daripada membeli pakan cacing di pasaran.- Kotoran sapi yang tadinya menjadi limbah ternak dapat dimanfaatkan kembali menjadi sumber nutrisi bagi cacing.- Kandungan nutrisi dalam pakan cacing lebih baik karena berasal dari sumber alamiah.

FAQ

1. Apakah bau dari fermentasi kotoran sapi tidak menyengat?Tidak, asalkan wadah atau drum tertutup rapat dan fermentasi dilakukan pada suhu yang tepat.2. Berapa lama waktu fermentasi yang dibutuhkan?Fermentasi membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu.3. Apakah fermentasi kotoran sapi bisa dilakukan di rumah?Bisa, tapi pastikan wadah atau drum yang digunakan bersih dan steril.4. Apakah fermentasi kotoran sapi aman bagi kesehatan?Fermentasi yang dilakukan dengan benar aman bagi kesehatan.

Kesimpulan

Membuat pakan cacing dari fermentasi kotoran sapi adalah salah satu alternatif yang bisa kamu coba. Selain biayanya yang lebih murah, kandungan nutrisi dalam pakan cacing juga lebih baik karena berasal dari sumber alamiah. Pastikan fermentasi dilakukan dengan benar dan sesuai aturan agar hasilnya maksimal. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat!