Cara Ganti Media Cacing Lumbricus Rubellus

Cacing Lumbricus Rubellus adalah salah satu jenis cacing yang dijadikan sebagai media pembibitan ikan atau hewan lainnya. Untuk mendapatkan kualitas cacing yang baik, maka perlu dilakukan pergantian media secara berkala. Berikut ini adalah cara ganti media cacing Lumbricus Rubellus.

1. Siapkan Wadah Penampung Cacing

Sebelum memulai pergantian media, kamu harus menyiapkan wadah penampung cacing terlebih dahulu. Wadah penampung ini bisa berupa ember atau bak plastik dengan lubang-lubang kecil di bagian bawahnya.

2. Keluarkan Cacing dari Media yang Lama

Cara mengeluarkan cacing dari media yang lama adalah dengan mengangkat sedikit media lama di bagian tepi wadah. Kemudian, kamu bisa melihat cacing yang berada di sana. Setelah itu, ambil cacing satu per satu dan letakkan ke dalam wadah penampung.

3. Bersihkan Wadah dan Media yang Lama

Setelah cacing berhasil dikeluarkan, maka wadah dan media yang lama harus dibersihkan terlebih dahulu. Kamu bisa membersihkannya dengan air bersih dan sabun. Pastikan tidak ada sisa-sisa media yang menempel di wadah.

4. Siapkan Media yang Baru

Setelah wadah dan media yang lama bersih, maka kamu harus menyiapkan media yang baru. Media yang biasa digunakan adalah campuran antara serbuk kayu dan kotoran sapi dengan perbandingan tertentu.

5. Isi Wadah dengan Media yang Baru

Setelah media yang baru disiapkan, maka kamu harus mengisi wadah dengan media tersebut. Pastikan media terisi penuh dan padat agar cacing dapat hidup dengan baik di dalamnya.

6. Kembalikan Cacing ke dalam Wadah Baru

Setelah media sudah terisi penuh, kamu bisa kembali memasukkan cacing ke dalam wadah baru. Pastikan cacing terdistribusi merata di dalam media baru.

7. Beri Makan Cacing dengan Baik

Untuk menjaga kualitas cacing, maka kamu harus memberi makan cacing dengan baik. Cacing Lumbricus Rubellus biasanya diberi makan dengan sayuran hijau dan kotoran sapi yang sudah diuraikan.

8. Perhatikan Kelembapan Media

Kelembapan media juga mempengaruhi kualitas cacing. Pastikan media selalu dalam kondisi lembab, tetapi tidak terlalu basah.

9. Jaga Suhu Wadah agar Stabil

Suhu wadah juga harus dijaga agar stabil. Suhu yang cocok untuk cacing Lumbricus Rubellus adalah antara 18-25 derajat Celsius.

10. Lakukan Pergantian Media secara Berkala

Terakhir, kamu harus melakukan pergantian media secara berkala untuk menjaga kualitas cacing. Pergantian media dilakukan setiap 2-3 bulan sekali.

Kesimpulan

Itulah cara ganti media cacing Lumbricus Rubellus yang perlu kamu ketahui. Lakukan pergantian media secara berkala agar kualitas cacing tetap terjaga dan kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam penggunaannya sebagai media pembibitan.FAQ:Q: Berapa sering pergantian media dilakukan?A: Pergantian media dilakukan setiap 2-3 bulan sekali.Q: Apa yang harus dilakukan sebelum pergantian media?A: Siapkan wadah penampung cacing terlebih dahulu.Q: Apa yang harus dilakukan setelah cacing berhasil dikeluarkan dari media lama?A: Bersihkan wadah dan media yang lama terlebih dahulu.