Cara Kerja & Pembagian Deviden Saham

Cara Kerja & Pembagian Deviden Saham

Bagaimana Dividen Bekerja?

Seperti yang telah kita bahas juga, dividen bisa menjadi keuntungan lain yang didapat investor dengan berinvestasi di saham, bersamaan dengan capital gain. Jika keuntungan diperoleh dari kenaikan harga saham yang terus bergerak sampai akhirnya dijual, investor akan memperoleh keuntungan.

Mereka juga bagi hasil, mereka dibayarkan oleh perusahaan kepada pemegang sahamnya pada saat profitabilitas. Jika Anda memilih untuk melakukan investasi yang tepat pada saham yang paling menguntungkan, Anda akan menerima dividen besar.

Cara Menghitung Dividen

Jumlah atau nilai yang akan diperoleh dari dividen yang dibayarkan kepada investor tergantung pada jumlah saham yang dimiliki. Semakin besar jumlah saham yang dimiliki maka semakin tinggi nilai uang yang akan diperoleh dari dividen.

Bagaimana Anda membagi Dividen dari Saham?

Dividen saham merupakan bentuk bagi hasil yang dibagikan kepada investor oleh karena itu pembagiannya harus dilakukan sesuai prosedur. Umumnya, sebelum pembagian dividen, perusahaan akan terlebih dahulu mengeluarkan pengumuman tentang jadwal pembagian saham yang akan diterbitkan oleh KSEI.

Berikut ini menjelaskan bagaimana saham didistribusikan, serta jadwalnya.

1. Tanggal Deklarasi

Ketahuilah bahwa ada tanggal deklarasi yang akan diumumkan terlebih dahulu sebelum distribusi saham apa pun. Tanggal ini adalah saat perusahaan akan mengumumkan dividen yang akan dibagikan kepada investor.

2. Cum Dividen

Cum Dividen adalah tanggal di mana pemegang saham akan dapat mengklaim hak distribusi saham. Dengan kata lain, pemegang saham berhak atas dividen jika mereka memegang saham perusahaan pada saat tanggal cum dividen.

Jika, misalnya, Anda membeli saham perusahaan A, saat melewati fase cum dividen yaitu saat Anda berhak menerima dividen dari perusahaan tersebut. Namun, Anda tidak berhak menerima dividen jika sebelumnya Anda menjual saham sebelum tanggal tersebut.

3. Eks Dividen

Periode ex dividen merupakan periode penting perdagangan dimana investor tidak menerima hak dividen. Oleh karena itu disarankan untuk membeli saham saat ada ex dividen atau bahkan lebih awal.

Pencatatan

Segera setelah tanggal pencatatan ditetapkan, perusahaan akan mengumumkan pemegang saham yang berhak untuk mengumpulkan dividen. Jika seorang pemegang saham membeli saham sebelum tanggal ex-dividend, maka mereka berhak menerima dividen di tahun berikutnya, bukan tahun ini.

Pembayaran Dividen

Ketika tanggal pembayaran dividen ditetapkan, perusahaan mentransfer pendapatan mereka kepada investor. Rekening Dana Rekening Dana Nasabah, atau RDN, akan otomatis ditambahkan setelah dividen ditransfer dan dibagikan.

Keuntungan dari investasi dividen

Ada sejumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan dari berinvestasi dalam bentuk dividen. Misalnya, Anda dapat memperoleh keuntungan dari laba bersih bisnis. Jika jumlah keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis itu besar dan volume dividen untuk setiap saham kemungkinan besar akan sangat tinggi. Ini berarti Anda bisa menerima dividen nominal yang besar sekarang.

Kerugian dari investasi dividen

Meski potensi keuntungan dari dividen cukup besar, namun berinvestasi di saham memiliki risiko yang signifikan. Bagi investor, penting mempersiapkan mental untuk mengelolanya.

Pasalnya, pembelian saham pada perusahaan yang memberikan keuntungan berupa deviden juga berpeluang untuk merugi. Hal ini merupakan akibat dari dividend trap yang merupakan fenomena di pasar yang terjadi sebelum pembagian dividen.

Pada saat cum date harga saham naik, tetapi setelah tanggal kadaluarsa, harga di mana saham tersebut dijual karena investor mendapat untung. Para investor yang membeli saham sebelum tanggal cum kehilangan uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.