Jenis Reksa Dana Yang Perlu Kamu Tahu

Jenis Reksa Dana Yang Perlu Kamu Tahu

Apakah Anda bingung bagaimana memilih jenis reksa dana yang tepat yang tersedia di pasar? Berikut beberapa jenis reksa dana yang bisa Anda investasikan pada pilihan investasi yang aman ini, seperti:

Reksa Dana Pasar untuk Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang dapat digambarkan sebagai suatu bentuk reksa dana yang seluruh dananya ditempatkan pada instrumen pasar uang seperti deposito berjangka Sertifikat Bank Indonesia (SBI), obligasi yang jatuh temponya kurang dari satu tahun kalender.

Jenis investasi ini lebih aman karena reksa dana di pasar uang tidak rentan terhadap biaya penjualan kembali atau pembelian. Kemungkinan penghasilan lebih tinggi dari rekening tabungan atau rekening giro. Namun, dengan risiko yang rendah, imbalannya juga lebih sedikit dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Tapi kehandalannya tak terbantahkan. Karena reksa dana dipengaruhi oleh adanya rekening deposito yang memperoleh tingkat bunga tetap sesuai dengan ketentuan perjanjian kepada penerbit. Pembayaran bunga obligasi jangka pendek atau deposito dapat meningkatkan biaya NAB per unit untuk reksa dana pasar uang. Ini akan membantu menstabilkan nilai reksa dana.

Reksa dana dengan pendapatan tetap (reksa dana obligasi)

Reksa dana pendapatan tetap juga dikenal sebagai obligasi adalah jenis reksa dana yang sebagian besar alokasi investasinya terdiri dari surat-surat berharga yang dianggap utang (obligasi) juga dikenal sebagai keamanan yang terdiri dari jumlah paling sedikit 80 persen dari dana Asset Under Management (AUM) sedangkan sisanya merupakan produk pasar tunai.

Dana tersebut mampu memberikan tingkat pengembalian yang sangat stabil karena merupakan properti dana berbasis utang (obligasi) yang menawarkan pengembalian reguler melalui kupon. Obligasi atau surat utang dapat diterbitkan dalam bentuk obligasi korporasi atau pemerintah (perusahaan).

Imbal hasil atau imbal hasil lebih tinggi dibandingkan dengan imbal hasil reksa dana pasar uang dan akan meningkat lebih dari 10% setiap tahunnya. Jenis reksa dana ini sangat ideal bagi investor yang mencari investasi jangka panjang (dari 1-3 tahun) atau mereka yang ingin investasi modal pertamanya aman namun tetap menghasilkan keuntungan.

Reksa Dana Saham

Reksa dana yang berbasis ekuitas adalah jenis reksa dana yang penyertaan modalnya pada saham minimal 80 persen, dan sisanya ditempatkan di pasar uang. pasar.

Kemungkinan memperoleh return tertinggi jika dibandingkan dengan reksa dana yang berbeda. Namun, harus dicatat bahwa dengan probabilitas yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan tetapi juga risikonya sangat tinggi, juga dikenal sebagai risiko tinggi dan pengembalian tinggi.

Dengan berjalannya waktu ada cara sederhana untuk membeli reksa dana yang bersifat saham secara online, bahkan melalui belanja online. Reksa dana yang berbasis ekuitas dapat cocok bagi mereka yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang yaitu lebih dari lima tahun.

Reksa dana campuran

Reksa dana campuran atau hybrid fund adalah salah satu jenis reksa dana yang merupakan gabungan antara obligasi, saham (surat utang) serta pasar uang. Campuran surat berharga yang bersifat ekuitas (saham) dengan surat utang (obligasi) dan obligasi, yang kesemuanya tidak boleh melebihi 79 persen dari nilai aktiva bersih.

Secara umum, reksa dana jenis ini dirancang untuk investor yang ingin mendapatkan keuntungan dari saham dan instrumen pendapatan tetap, namun risikonya tinggi. Jika berhasil maka akan menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi juga.

Antara satu tahun kalender dan tahun berikutnya tingkat pengembalian atas hasil investasi bervariasi, tetapi tingkat pertumbuhan dana umumnya lebih stabil jika dibandingkan dengan reksa dana yang berinvestasi di saham. Jangka waktu yang digunakan untuk reksa dana campuran berkisar antara 3 sampai dengan lima tahun.

Reksa dana terproteksi

Reksa dana terproteksi adalah salah satu jenis reksa dana yang mengkonversikan uang yang sudah ada dalam reksa dana menjadi obligasi untuk menjamin nilai investasi pada saat jatuh tempo.

Reksa Dana Terproteksi menjamin nilai investasi awal Pemegang Unit Penyertaan dengan sistem manajemen investasi yang melibatkan penyertaan uang ke dalam Efek Bersifat Utang yang dianggap layak investasi, sehingga dimungkinkan nilai Efek Bersifat Utang pada saat jatuh tempo paling sedikit dapat menutupi nilai investasi. seluruh jumlah terutang. terlindung.

Seperti namanya, dana ini hadir dengan manfaat memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, yaitu 100 persen dari nilai pokok investasi jika Anda memutuskan untuk mengambil uang sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Selain itu, pengembaliannya lebih dari sekadar terukur selama waktu investasi tertentu.

Reksa Dana Indeks (RDI)

Reksa Dana Indeks (RDI) seperti saham karena dapat dijual di bursa yang dikenal sebagai ETF (Exchange traded fund) dan harganya bisa sangat berfluktuasi. Tapi, biasanya mereka berisi indeks yang dioperasikan secara pasif. Ini berarti bahwa tidak ada jual atau beli pertukaran, kecuali seseorang dapat berlangganan indeks baru atau memutuskan untuk menebus.

Aset harus diinvestasikan oleh aset indeks referensi untuk mendapatkan hasil investasi yang sebanding dengan indeks referensi yang mencakup indeks obligasi dan indeks saham.

Reksa dana ini bisa menjadi pilihan tepat bagi investor yang lebih menyukai pengalaman investasi yang terbuka dan transparan. Mereka juga lebih memilih manajemen yang lebih pasif untuk mendapatkan manfaat maksimal. RDI dapat dibeli dan dijual kapan saja di mana saja melalui bursa pasar modal.

Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT)

Reksa dana yang penyertaan terbatas adalah wadah yang mengambil uang dari Investor Profesional yang kemudian diinvestasikan oleh Manajer Investasi dalam portofolio efek atau portofolio yang terkait langsung dengan proyek misalnya sektor infrastruktur, sektor riil, dan sebagainya.

Berbeda dengan reksa dana pada umumnya, Unit Penyertaan Kontrak Investasi Kolektif RDPT tersedia secara terbatas terbatas pada Investor Profesional dan dilarang melakukan penjualan eceran melalui Penawaran Umum. RDPT tidak boleh dimiliki oleh lebih dari 50 entitas. Dengan demikian, penjualan hanya boleh dikendalikan oleh Manajer Investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.