Manfaat Atau Keuntungan Membeli Saham

Manfaat Atau Keuntungan Membeli Saham

Menyimpan saham atau berinvestasi di saham menawarkan banyak keuntungan yang diuntungkan oleh investor. Jika investasi tepat seperti yang direncanakan, tidak jarang menghasilkan keuntungan yang besar. Inilah sebabnya mengapa banyak orang mulai mempelajari saham, terutama para pemula yang tertarik dengan janji keuntungan besar. Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh.

1. Dividen

Dividen adalah keuntungan yang dibuat oleh bisnis dan kemudian diberikan kepada pemegang saham. Dividen datang dalam dua bentuk termasuk saham dan uang tunai. Dividen tunai berarti bahwa perusahaan membayar tunai kepada pemegang saham untuk setiap saham yang mereka pegang.

Dividen saham adalah ketika perusahaan membayar dividen dalam bentuk saham. Artinya, jumlah saham yang dimiliki investor akan meningkat.

Namun, ada perusahaan yang tidak membagikan dividen kepada pemegang saham meskipun sebenarnya mereka menghasilkan keuntungan. Hal ini biasanya dilakukan ketika perusahaan ingin memperluas atau mengembangkan usahanya.

2. Capital Gain (Kenaikan Harga Saham)

Capital gain mengacu pada keuntungan yang dibayarkan oleh pemegang saham perusahaan melalui perbedaan harga pembelian dan biaya penjualan saham. Paling sering, keuntungan modal adalah hasil dari aktivitas perdagangan di bursa.

Misalnya, Anda membeli saham A seharga Rp 3000 per saham, kemudian saham tersebut dijual dengan harga Rp 4.400 per saham. Ini berarti Anda memperoleh keuntungan modal sebesar Rp.1.000 per saham.

3. Berhak Mengikuti RUPS sebagai Pemilik Perusahaan

Ikut serta dalam keikutsertaan Anda dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) selaku pemegang saham. Pada RUPS Anda akan menemukan proses pembagian dividen dan presentasi rencana bisnis untuk masa depan serta informasi mengenai laporan tahunan bisnis serta laporan keuangan.

4. Modal Kecil, Untung Besar

Salah satu alasan utama mengapa pemula belajar tentang saham secara gratis melalui web adalah karena mereka terpikat oleh keuntungan besar. Biaya untuk pemula adalah uang minimal dibandingkan dengan jenis perusahaan lain.

Hanya dengan Rp. 100 juta, Anda akan membeli saham yang keuntungannya bisa berlipat ganda dalam waktu dekat. Margin keuntungan yang bisa dicapai bisa mencapai 100 persen.

5. Pilihan investasi yang fleksibel

Manfaat lain dari berinvestasi di saham adalah bahwa ini adalah usaha yang sangat fleksibel dan fleksibel. Hal ini dimungkinkan untuk melakukannya tanpa harus mengambil waktu jauh dari pekerjaan Anda, dan Anda dapat melacak aktivitas bursa kapan saja dan dari mana saja dengan kendali smartphone atau laptop Anda.

6. Pajak Relatif Kecil

Saham memiliki tarif pajak yang relatif rendah jika dibandingkan dengan investasi lainnya. Alasannya karena mereka hanya membayar 0,1 persen dari keuntungan yang diperoleh investor. Investor tidak perlu mengumumkan pajak atas SPT tahunannya karena secara otomatis diambil oleh pialang saham dalam proses melakukan pembayaran atas transaksi saham.

7. Aman dan Transparan

Saham adalah investasi yang aman dan transparan karena aktivitas jual dan belinya dilakukan dalam satu area, yaitu bursa. Transaksi di bursa dijamin keamanan dan keselamatannya. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir kehilangan modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.