Manfaat dan Keuntungan Dari Reksa Dana

Manfaat dan Keuntungan Dari Reksa Dana

1. Harga terjangkau

Karena merupakan kelompok investor yang banyak, investasi semacam ini juga akan menghasilkan biaya transaksi yang efisien. Dengan demikian, biaya transaksi akan lebih rendah daripada biaya investasi langsung di pasar saham.

2. Lebih sederhana dan lebih mudah

Salah satu keuntungan reksa dana adalah Anda tidak perlu memikirkan cara mengelola uang Anda. Karena, ketika Anda berinvestasi di reksa dana, dana Anda sudah ditangani melalui manajer investasi. Artinya, Anda tidak memerlukan pendekatan yang rumit untuk merencanakan strategi investasi Anda.

Alasannya, memilih saham terbaik untuk berinvestasi bukanlah tugas yang mudah. Selain itu memang tidak semua investor memiliki pengetahuan dan pengalaman.

3. Efisiensi waktu

Jenis investasi ini didukung melalui manajemen dan dilakukan oleh Manajer Investasi yang berpengalaman untuk memastikan bahwa investor dapat mengurangi waktu dan tenaga tanpa harus melacak kinerja mereka dalam investasi mereka.

4. Pengurangan risiko karena diversifikasi investasi

Manfaat lain yang dimiliki reksa dana adalah bahwa risiko tidak terbatas pada satu jenis investasi tertentu, atau disebarkan melalui metode diversifikasi.

Misalnya, jika reksa dana Anda menginvestasikan dana di 25 bisnis dan 3 di antaranya berisiko merugi, investor tidak perlu khawatir karena masih ada risiko untung (profit) di 22 bisnis lainnya.

5. Keamanan lebih terjamin

Dengan risiko yang lebih rendah Reksa dana aman karena dikelola oleh manajemen yang profesional. Manajer investasi memiliki keahlian khusus dan telah melalui serangkaian standar sebelum memberikan bantuan di bidang pengelolaan dana Anda.

6. Likuiditas tinggi

Likuiditas mengacu pada kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek. Jika suatu bisnis memiliki tingkat likuiditas yang tinggi, maka perusahaan tersebut dapat dipercaya karena dapat membayar kewajiban jangka pendeknya dengan baik.

Likuiditas ini sangat tinggi sehingga investor dapat mengambil kembali Unit Penyertaannya setiap saat, sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh reksa dana.

7. Informasi yang transparan

Jenis investasi ini akan memberikan informasi yang jelas tentang perubahan portofolio serta biaya secara terus menerus. Manajer Investasi wajib mempublikasikan Nilai Aktiva Bersih setiap hari dalam surat kabar, menerbitkan laporan keuangan tahunan dan tengah tahunan serta prospektus secara berkala.

Dengan data yang jelas, investor atau pemegang Unit Penyertaan dapat melacak pendapatan, pengeluaran serta risiko dan kemajuan investasi mereka setiap saat.

8. Potensi pengembalian yang tinggi

Jika Anda mencari jenis investasi yang akan membantu investor bersiap untuk masa pensiun, atau investasi yang dinikmati dalam jangka panjang, Anda bisa memilih reksa dana.

Dengan kemungkinan menghasilkan pengembalian yang tinggi, peluang investasi ini memungkinkan Anda merencanakan dana pendidikan dan rencana lain untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.