Pengertian Haircut Value Dalam Saham

Pengertian Haircut Value Dalam Saham

Istilah “Haircut Value” di pasar saham adalah konsep yang berbeda dibandingkan dengan konsep Anda sendiri. Haircut Value tidak berhubungan dengan proses potong rambut. Nilai Haircut Value adalah seni yang harus Anda sadari ketika Anda ingin terjun ke dunia perdagangan.

Nilai haircut mengacu pada persentase tertentu dari suatu saham yang dihitung oleh KPEI dengan mengurangi nilai wajar saham tersebut. Dalam menentukan harga potong rambut, KPEI dibantu oleh Komite Potong Rambut.

Pengertian Haircut Value

Nilai Haircut Value adalah proporsi pemangkasan atau perubahan nilai pasar saham atau sekuritas. Jumlah ini dihitung sesuai dengan besar kecilnya risiko. Jumlah tersebut kemudian dinyatakan dalam bentuk persentase. Rasio Haircut Value akan selalu berubah sesuai dengan besar kecilnya harga sekuritas.

Nilai potong rambut ini didapat dari komisi/biaya jual beli saham. Semakin besar jumlah transaksi yang Anda lakukan, semakin besar jumlah yang harus Anda bayarkan. Nilai potong rambut merupakan strategi manajemen risiko yang penting bagi Efek

Karena harga di mana saham yang dijual surat berharga atau saham di bursa yang dioperasikan secara resmi sangat likuid Risikonya sangat cukup tinggi. Jelaslah bahwa saham datang dengan risiko “ketidakpastian” yang harus Anda ketahui sebagai pedagang. Haircut Value tidak hanya dalam ranah saham, tetapi juga merupakan faktor dalam dunia utang bank.

1. Konsep Haircut Value di Hutang

Misalnya, Anda ingin meminjam uang dari bank, biayanya Rp. 1.000.000,00. Jaminan tersebut kemudian dijaminkan dengan nilai sekitar Rp. 1.000.000,00. Namun, bank akan mengevaluasi agunan yang Anda janjikan dengan jumlah yang lebih rendah.

Keputusan tersebut diambil setelah melalui pertimbangan dan perhitungan yang matang oleh pihak bank. Bukan maksud bank untuk memalsukan jumlah agunan yang Anda masukkan. Mirip dengan dunia perdagangan saham. Haircut Value bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan perusahaan Efek Anda.

2. Kapan Anda Bisa Mendapatkan Nilai Haircut Value?

Nilai Haircut Value digunakan jika Anda ingin menambah modal untuk membeli saham atau sekuritas melalui penerbitan pinjaman ke perusahaan sekuritas. Sebagai contoh, misalkan Anda memiliki saham di sebuah perusahaan sekuritas sebesar Rp. 100.000.000,00. Anda kemudian dapat memasukkan portofolio lain.

Sekuritas mungkin menawarkan pinjaman ketika Anda tidak memiliki modal. Sekuritas akan menentukan Haircut berdasarkan nilai Rp. 100.000.000,00 yang Anda terima sebelumnya. Bisa jadi Anda bisa mendapatkan pinjaman investasi sebesar Rp. 75.000.000,00 dan lebih.

Tujuan Kebijakan Nilai Haircut Value

Alasan pemotongan nilai potong rambut tersebut sebagai upaya menenangkan pasar untuk memastikan transaksi di bursa mengalami peningkatan. Dengan demikian, kebijakan nilai potong rambut diharapkan juga dapat meningkatkan likuiditas pasar dan membantu memastikan bahwa pasar tetap dalam kondisi yang menguntungkan dan dilaksanakan secara teratur dengan efisiensi dan keadilan.

Cara Menghitung Nilai Haircut Value

1. Tentukan Persentase Nilai Haircut Value

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat mempelajari Haircut Value adalah menentukan proporsi nilainya. Ini adalah bagian dari pekerjaan Sekuritas. Biasanya, semakin tinggi risiko default akan terjadi, semakin tinggi jumlah Haircut Value.

Penetapan persentase potong rambut ditentukan dalam konteks manajemen risiko. Perusahaan sudah memiliki rencana untuk meminimalkan kerugian melalui polis asuransi untuk manajemen risiko. Setiap negara memiliki kebijakan dalam persentase yang berbeda di samping.

Bagaimana cara Efek menentukan risiko yang terkait dengan suatu transaksi? Ini penjelasan sederhananya:

  • Saham yang memiliki kapitalisasi pasar yang rendah cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi. Persentase Haircut Value juga meningkat.
  • Saham dengan kapitalisasi pasar yang besar memiliki risiko yang lebih rendah. Ini berarti bahwa mereka kurang berisiko. Sekuritas juga dapat menerapkan persentase Haircut Value terbalik.
  • Haircut Value berbeda untuk setiap jenis kode stok.
  • Faktor lain yang menentukan besaran Haircut Value adalah pasar modal, volatilitas serta risiko jaminan.

2. Kondisi Pengabaian Haircut Value

Terbukti tidak semua saham yang dibeli melalui program pinjaman dikenakan Haircut Value. Ada berbagai keadaan yang dapat membuat saham Anda tertukar penuh pada harga di Bursa Efek, yaitu:

  • kualitas kredit yang baik.
  • Rasio kepastian bernilai tinggi.
  • Likuiditas yang baik.
  • Keputusan sekuritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.