Perbedaan Saham Preferen Dan Saham Treasury

Perbedaan Saham Preferen Dan Saham Treasury

Saham Preferen

Apa itu saham preferen? Ini adalah jenis saham modal yang menawarkan dividen pada jumlah tertentu dan menawarkan keuntungan atas saham biasa dalam arti dividen dan likuidasi aset. Pemegang saham mendapatkan dividen dan modal (jika perusahaan dilikuidasi) sebelum pemegang saham biasa.

Meskipun lebih disukai daripada saham biasa Namun, saham preferen adalah junior untuk hutang dalam arti klaim atas aset pada saat likuidasi. Selain itu tidak memiliki hak suara. Manfaat lain dari investasi saham ini adalah konversinya menjadi saham biasa serta opsi untuk menebus sebelum tanggal kedaluwarsa.

Saham preferen merupakan salah satu dari lima jenis saham yang harus Anda waspadai, antara lain:

Saham preferen yang dapat dikonversi

Jenis saham preferen yang paling umum adalah saham preferen yang dapat dikonversi yang dapat dikonversi menjadi saham biasa perusahaan. Karena dilengkapi dengan opsi konversi, pemilik dapat memperoleh keuntungan dari kenaikan harga saham biasa. Catatan untuk dibuat, ketika Anda mengubah saham preferen menjadi saham biasa, mereka tidak dapat kembali ke saham preferen.

Saham preferen yang berpartisipasi

Partisipasi saham preferen jenis saham preferen yang menerima dividen sebelum diberikan kepada pemegang saham saham biasa, dan mereka lebih suka saham biasa dalam likuidasi kemungkinan. Pemegang saham juga dapat memperoleh dividen tambahan ketika jumlah dividen yang diterima dari pemegang saham biasa lebih besar dari jumlah per saham yang ditentukan. Saham jenis ini umumnya dikeluarkan oleh perusahaan yang masih baru dan membutuhkan uang tunai sebagai input. Tertarik dengan kelebihan saham jenis ini?

Saham preferen kumulatif

Preferensi kumulatif memungkinkan pemegang saham untuk menerima dividen secara teratur, biasanya setidaknya setiap 3 bulan. Jika perusahaan gagal membayar dividennya, dividen yang jatuh tempo akan meningkat dan harus dibayarkan sebelum membuat dividen dibayarkan kepada pemegang saham preferen. Sangat disayangkan tidak semua saham preferen menyertakan fitur ini, namun ada juga yang tidak secara kumulatif.

Saham pilihan yang dapat dipanggil

Saham preferen yang dapat dipanggil memungkinkan perusahaan untuk mengambilnya kembali pada waktu tertentu dan dengan biaya penebusan tertentu dalam waktu dekat. Harga penebusan bisa sedikit lebih atau kurang dari harga penerbitan awal. Perusahaan menawarkan opsi untuk menelepon untuk membeli saham dan pemiliknya tidak dapat memilih untuk menolak opsi untuk menelepon.

Saham dengan tingkat variabel lebih disukai

Jenis lain yang merupakan saham preferen dapat digambarkan sebagai saham preferen dengan tingkat yang dapat disesuaikan, yang merupakan jenis saham yang membayar dividen variabel karena dikaitkan dengan tolok ukur dari tolok ukur tertentu, misalnya imbal hasil negara- jaminan milik sendiri (SPN). Tingkat penyesuaian diuraikan dalam prospektus, dan biasanya mencakup jumlah minimum dan maksimum. Fitur penyesuaian ini memastikannya lebih stabil daripada saham lainnya.

Saham preferen

Jenis saham lain disebut treasury. Adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perusahaan yang membeli dan menjual kembali (buyback) sahamnya. Saham tersebut akan dimasukkan ke dalam rekening khusus yang disebut rekening treasury. Keberadaan saham Tresuri dapat mempengaruhi tingkat likuiditas saham di pasar dalam kaitannya dengan jumlah saham yang dibeli.

Selain itu, Anda harus tahu bahwa pemegang saham treasury tidak menikmati hak suara dalam RUPS dan tidak memiliki hak atas dividen. Mereka juga bukan bagian dari perhitungan laba bersih per saham perusahaan. Jangan kaget kalau emiten punya program buy back saham, dan indeks EPSnya naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.