Syarat USG Kehamilan Agar Hasil Optimal Dan Janin Terlihat

Syarat USG Kehamilan Agar Hasil Optimal Dan Janin Terlihat

Anda merasa tidak enak akhir-akhir ini. Anda tidak bisa benar-benar meletakkan jari Anda di atasnya, tetapi ada sesuatu yang tidak beres. Tubuh Anda terasa sedikit lebih lamban dari biasanya dan berat badan Anda bertambah meskipun makan yang sama dan berolahraga sekeras biasanya. Anda memutuskan untuk pergi ke dokter untuk melihat apa yang mungkin terjadi. Setelah beberapa tes, mereka memberi tahu Anda bahwa Anda perlu melakukan USG. Anda tidak sepenuhnya yakin apa artinya, tetapi Anda percaya bahwa dokter tahu apa yang mereka lakukan. Ketika Anda tiba di rumah, Anda mulai melakukan penelitian tentang USG dan apa yang terlibat. Anda ingin mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk janji temu Anda sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban yang Anda butuhkan dan kembali merasa seperti diri Anda sendiri lagi. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan USG.

1. Pilih Waktu Yang Tepat

USG Anda akan paling akurat jika Anda melakukannya di awal kehamilan Anda. Ini karena lebih mudah melihat bayi dan mengukur ukurannya saat masih kecil. Jika Anda menunggu terlalu lama, bayi mungkin terlalu besar untuk mendapatkan pengukuran yang akurat.

2. Minum Banyak Air

Jika Anda menjalani USG, penting untuk minum banyak air sebelumnya. Ini akan membantu memastikan kandung kemih Anda penuh, yang diperlukan untuk beberapa jenis USG. Anda harus minum setidaknya delapan gelas air dalam beberapa jam sebelum janji Anda.

3. Periksa Kapan Bayi Bangun

Teknisi USG akan melakukan pengukuran pada bayi untuk menilai kesehatan dan perkembangannya. Salah satu hal terpenting yang harus diingat adalah memeriksa kapan bayi bangun.

Adalah umum bagi bayi untuk memiliki siklus tidur/bangunnya sendiri. Jika Anda memperhatikan bahwa bayi Anda sering terbangun, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka kesakitan atau tidak nyaman. Penting untuk memberi tahu teknisi USG agar mereka dapat menyesuaikan posisi probe dan memastikan bayi nyaman.

4. Kenakan Pakaian Yang Nyaman

Mengenakan pakaian yang nyaman untuk USG Anda penting karena beberapa alasan. Pertama, Anda akan cenderung untuk tetap diam selama ujian jika Anda tidak menarik-narik pakaian yang tidak nyaman. Kedua, pakaian ketat terkadang menghalangi transduser USG untuk mendapatkan gambar yang jelas. Ketiga, Anda ingin dapat bersantai selama ujian, dan pakaian yang tidak nyaman dapat mempersulitnya.

Jadi apa yang harus Anda pakai untuk USG Anda? Pakaian longgar yang tidak membatasi gerakan Anda sangat ideal. Anda mungkin diminta untuk melepaskan pakaian yang mungkin menghalangi transduser, seperti ikat pinggang atau jaket. Anda mungkin juga diminta untuk melepas perhiasan. Jika Anda memiliki rambut panjang, kemungkinan akan ditarik ke belakang dari wajah Anda.

Anda akan diberi gaun untuk dikenakan selama ujian, tetapi Anda mungkin ingin mengenakan sesuatu di bawahnya yang membuat Anda merasa lebih nyaman. Banyak wanita memilih untuk memakai tank top dan celana pendek atau celana yoga. Ingatlah bahwa Anda mungkin terpapar selama ujian, jadi pilihlah pakaian yang membuat Anda merasa nyaman dengan kemungkinan itu.

5. Jangan Lupa Makan Sebelum Usg

Sangat penting untuk memiliki perut yang penuh sebelum USG Anda sehingga teknisi bisa mendapatkan pandangan yang jelas dari organ Anda. Jika Anda berpuasa untuk prosedur medis lain, bicarakan dengan dokter Anda atau teknisi USG tentang kapan Anda harus makan sebelum USG Anda.

6. Pilih Dokter Yang Berpengalaman

Penting untuk memilih dokter yang berpengalaman untuk USG Anda. Ini karena mereka akan dapat memberi Anda gambaran terbaik tentang bayi Anda. Mereka juga akan dapat memberi Anda informasi yang akurat tentang ukuran, bentuk, dan posisi bayi Anda.

Dokter yang berpengalaman juga akan dapat memberi tahu Anda jika ada masalah dengan perkembangan bayi Anda. Jika Anda memiliki masalah, mereka akan dapat memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya.