Tips Agar Meraih Untung Sesuai Harapan Saat Investasi

Tips Agar Meraih Untung Sesuai Harapan Saat Investasi

Salah satu cara untuk menjaga nilai kekayaan atau aset adalah dengan cara berinvestasi. Banyak orang yang ragu untuk berinvestasi. Banyak yang percaya bahwa berinvestasi itu menakutkan. Namun, apa yang mereka katakan tidak akurat. Pada kenyataannya, berinvestasi di pasar saham tidak terlalu menakutkan. Sangat cocok untuk semua jenis orang baik tua maupun muda dan keduanya mampu melakukan investasi sesuai kebutuhan.

Memang banyak investor muda yang mulai merambah dunia investasi, mengingat potensi keuntungan yang sangat menggiurkan. Tapi, berinvestasi tidak sesederhana yang kamu yakini. Banyak dari kita yang belum mendapatkan untung, atau bahkan menderita kerugian, telah menyerah untuk berinvestasi. Terutama para pemula. Bagi mereka yang bukan investor berpengalaman, kamu harus melakukan 6 hal ini untuk mendapatkan jumlah keuntungan yang diinginkan.

1. Memahami Tujuan Investasi kamu

Cara terbaik untuk memulai investasi adalah dengan menentukan apa tujuan dari uang tersebut. Tujuan investasi dapat dinyatakan dalam tujuan jangka pendek, menengah atau panjang. Instrumen untuk berinvestasi untuk tujuan yang berbeda dapat berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa alasan berinvestasi sehingga kamu dapat mengetahui jenis investasi yang terbaik untuk kamu. Jumlah risiko dan keuntungan yang dihasilkan oleh suatu investasi bergantung pada interval tenggang waktu serta jenis investasi. Keuntungan besar berhubungan langsung dengan risiko.

2. Menanggapi Kebutuhan

Keputusan untuk berinvestasi bukanlah tugas yang mudah. Penting untuk memikirkan kebutuhan. Ada lima jenis investasi yang disukai investor seperti saham, investasi properti emas, reksa dana hingga deposito. Masing-masing dari lima investasi ini memiliki tingkat risiko dan pengembalian yang berbeda. Jika kamu sedang mencari keuntungan besar Ini adalah ide yang baik berinvestasi di saham. Jika kamu ingin meminimalkan kerugian, investasikan emas atau real estat.

3. Ketahui jumlah yang bisa diinvestasikan

Berapa jumlah yang dapat dimasukkan ke dalam setiap bulan? Lakukan analisis situasi keuangan dengan mengurangi jumlah pendapatan yang kamu peroleh dengan pengeluaran. Sebagian besar uang yang diperoleh dapat dimasukkan langsung ke dalam investasi. Ini adalah keputusan kamu tentang bagaimana kamu ingin mengalokasikannya. Disarankan agar jumlah yang kamu investasikan tetap konstan setiap bulannya. Ini penting agar kamu dapat dengan mudah menentukan tingkat pertumbuhan yang akan diperoleh uang kamu.

4. Hitung risiko dan keuntungannya

Seperti instrumen keuangan serupa seperti investasi, mereka juga rentan terhadap risiko yang perlu dikelola. Tingkat risiko biasanya didasarkan pada keuntungan atau pengembalian yang direalisasikan. Semakin tinggi risikonya, semakin tinggi tingkat pengembaliannya dan sebaliknya adalah benar. Jika seseorang menjanjikan tingkat pengembalian yang mengesankan dengan risiko rendah, dapat dipastikan bahwa ini adalah investasi palsu. Berhati-hatilah saat berinvestasi dan jangan hanya fokus pada potensi keuntungan.

5. Pelajari Aturan Permainannya

Ada aturan untuk berinvestasi yang harus diperhatikan. Dalam hal bidang investasi saham, aturan kamu ditetapkan dalam bentuk grafik pergerakan harga saham yang diwakili oleh kandil. Sebelum kamu membeli saham, periksa harga penutupan dengan harga saat ini. Jika grafik naik maka kemungkinan harga nominal akan naik hingga akhir hari. Namun, bahkan jika ini tidak selalu terjadi. Kamu harus terus memperhatikan pergerakan chart agar tidak menelan kerugian.

6. Awasi investasi kamu

Investasi tidak selalu berjalan mulus. Kadang untung, kadang rugi. Risiko kehilangan uang dalam investasi ini adalah sesuatu yang harus dihindari. Untuk memastikan nilai investasi stabil serta menguntungkan, kamu harus sering memantau grafik investasi. Pemantauan aset yang diinvestasikan berlaku untuk semua jenis investasi. Lain halnya jika kamu menggunakan jasa pialang atau Manajer investasi (MI) untuk mengawasi investasi, dan kamu tidak perlu melacaknya karena pekerjaan sudah diserahkan kepada ahlinya.

Pelajari Seni Investasi untuk mendapatkan hasil investasi terbaik

Untuk memastikan pengembalian yang kamu peroleh optimal, pastikan kamu memahami Pasar Modal. Teliti secara mendalam dan waspadai kapan saham akan dipegang, dan kapan akan dijual atau dilepaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.