Tips Biaya Nikah Dengan Investasi Reksa Dana

Tips Biaya Nikah Dengan Investasi Reksa Dana

Pernikahan adalah acara sakral bagi semua pasangan, sebuah kesempatan di mana mereka mengambil sumpah seumur hidup di hadapan Tuhan dan orang-orang terdekat mereka. Jadi, pernikahan setidaknya harus dikenang. Jika kamu berencana untuk menikah tetapi tidak yakin bagaimana cara membayar biaya pernikahan, tidak ada alasan untuk khawatir. Dimungkinkan untuk memilih investasi reksa dana, agar proses perencanaan pernikahan dengan pasangan bisa lebih matang dan cepat selesai. Berikut adalah beberapa pedoman yang harus kamu pikirkan.

Apakah kamu menikah dalam satu tahun atau lima tahun?

Memutuskan tujuan pernikahan adalah mungkin sejak awal. Tujuannya adalah untuk mempermudah memperkirakan biaya pernikahan kamu di masa depan dan kapan saatnya untuk mulai menabung di rekening bersama untuk membeli biaya terkait pernikahan.

Tanggal pernikahan yang ideal bisa berbeda untuk setiap individu, berdasarkan tingkat kesiapan dan aspek lainnya. Target khas untuk pernikahan diyakini antara satu dan lima tahun. Perbedaan jumlah waktu pernikahan akan mempengaruhi jumlah tabungan yang harus kamu tabung setiap bulannya. Tujuan juga dapat membantu kamu memilih jenis investasi terbaik di reksa dana. apakah lebih baik memilih investasi reksa dana jangka pendek atau jangka panjang.

Hitung perkiraan biaya

Langkah selanjutnya adalah menghitung perkiraan harga pernikahan kamu. Saat menghitung biaya pernikahan, kamu harus cermat dalam menghitung setiap kebutuhan. Tidak masalah jika kamu ingin memiliki pernikahan yang bertema mewah atau memilih untuk memiliki pernikahan dengan tema dasar namun berkesan Ini adalah masalah yang harus kamu bicarakan dengan keluarga.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memperkirakan harga pernikahan terdiri dari biaya makanan perencana pernikahan, katering, dekorasi dan lokasi. Jangan lupa jumlah orang yang akan diundang dan harga hiburannya. Pastikan untuk memiliki dana cadangan untuk berjaga-jaga jika ada persyaratan lain yang tidak boleh diabaikan.

Tentukan jumlah investasi yang paling penting setiap bulannya

Salah satu aspek yang tidak kalah penting dari menghitung biaya pernikahan dan tanggal pernikahan kamu adalah menghitung berapa nilai investasi setiap bulannya. Besarnya nilai nominal ini berbeda untuk setiap individu, berdasarkan pendapatan dan kemampuan orang tersebut.

Pada contoh di atas, kamu mendapatkan Rp lima juta. Paling tidak, kamu bisa menabung untuk investasi di reksa dana sebesar 30 persen (atau Rp 1,5 juta per bulan. Artinya, dalam setahun kamu bisa mendapatkan Rp 18 juta. Ini belum termasuk nilai tambah). imbal hasil yang diperoleh dari hasil investasi reksa dana.

Temukan instrumen reksa dana yang sempurna

Setelah kamu menentukan semua rincian biaya pernikahan dan biaya nominal, kamu dapat mulai memilih instrumen yang tepat untuk reksa dana. Ada banyak jenis instrumen reksa dana. Sangat penting untuk menjadi perhatian dan dewasa ketika membuat perhitungan sebelum memutuskan. Mempertimbangkan risiko dan kemampuan untuk membayar tabungan reksa dana secara teratur dan konsisten.

Sebagai contoh, kamu dapat memilih reksa dana untuk pasar uang. Keuntungan dari reksa dana berbasis pasar uang cenderung stabil antara 5 dan 6 persen per tahun. Namun dana ini juga tidak terlalu tidak terduga di pasar. Tentu dana ini ideal bagi mereka yang memilih elemen yang aman. Jika kamu ingin mengambil risiko lebih untuk hasil yang lebih besar. Dalam hal ini, kamu bisa memilih reksa dana campuran, atau reksa dana yang berbasis saham.

Dengan demikian, kamu harus mewaspadai risiko yang melampaui keuntungan saja sehingga ketika pasar turun diharapkan dan kamu tidak stres dengan menjual seluruh portofolio aset investasi reksa dana.

kamu dapat mencoba investasi reksa dana masing-masing

Karena biaya untuk pernikahan tidaklah kecil Ada baiknya kamu dan pasangan melihat pasar reksa dana secara terpisah. Dengan cara ini, beban pengeluaran dibagi dan dapat memperoleh pengembalian yang lebih besar dibandingkan dengan investasi yang hanya untuk satu orang.

Bukan masalah apakah kamu dan pasangan sama-sama membuka reksa dana yang berbeda jenis. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, penting untuk mempertimbangkan risikonya. Dengan berbagai jenis reksa dana, jika salah satunya mengalami kemungkinan penurunan, ada berbagai jenis reksa dana yang tersedia sebagai cadangan. Serupa dengan jumlah investasi kamu, kamu dapat menentukan jumlah investasi, berdasarkan preferensi dan kemampuan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.