Tujuan Finansial Yang Perlu Dicapai Sebelum Usia 30 Tahun

Tujuan Finansial Yang Perlu Dicapai Sebelum Usia 30 Tahun

Sudahkah kamu memutuskan tujuan keuangan yang ingin kamu capai? Usia 20-an adalah periode yang menyenangkan – kamu akhirnya dapat menetapkan aturan kamu sendiri dan kamu sepenuhnya menyadari pentingnya memiliki kemandirian kamu sendiri. Namun, menjadi mandiri juga bisa berarti mampu menopang kebutuhan finansial kamu. Oleh karena itu, sekarang pada tahap kehidupan ini, adalah waktu terbaik untuk bekerja menuju keamanan finansial. Ketahui tujuan keuangan yang ingin kamu capai sebelum berusia tiga puluh tahun.

1. Lunasi Semua Hutang

Ini berarti kamu harus membayar semua hutang kamu, termasuk kartu kredit, pinjaman pelajar dan hutang auto debit. Dalam semua pembayaran utang, ada kebutuhan untuk membayar bunga, dan beberapa di antaranya memiliki tingkat bunga yang sangat tinggi. Pastikan kamu fokus untuk melunasi utang karena bunga dan cicilan akan terus mencuri uang. Lanjutkan untuk melakukan pembayaran hingga saldo lunas. Jika kamu melunasi hutang dengan bunga tinggi, kamu akan mengurangi pengeluaran kamu lebih cepat.

2. Membuat Perencanaan Bulanan untuk Perencanaan Keuangan

Proses mengurangi utang dan menabung jauh lebih mudah bila kamu memiliki anggaran setiap bulan. Jika kamu bebas dan tidak berpenghuni, inilah saatnya untuk mencatat penghasilan dan pengeluaran yang harus kamu bayar dalam satu bulan. Cadangan uang tunai untuk sewa, tagihan hiburan, makanan, dan melakukan pembayaran utang dan tabungan. Jika kamu memiliki uang tunai untuk dibelanjakan, ubah strategi keuangan kamu dengan menyimpan uang tunai.

3. Berhenti Berbelanja secara impulsif

Berbelanja secara impulsif dapat mengurangi tabungan kamu, dan kamu akan terjerumus ke dalam kebiasaan membuang-buang uang! Sebelum membeli barang, pertimbangkan pertanyaan berikut: Apakah saya benar-benar membutuhkan ini? Mengapa? Haruskah kamu membayar pembelian ini dengan uang saku mingguan saya atau melalui tabungan saya?

Praktik terbaik adalah jika kamu membeli dengan penghematan, maka kamu dapat membatalkan pembelian kamu. Jika kamu membayar pembelian dengan anggaran tahunan, kembalikan keesokan harinya untuk membeli barang tersebut jika kamu memerlukannya.

4. Rencanakan karir kamu berdasarkan Tujuan Keuangan

kamu mungkin memiliki rencana untuk mengembangkan karir kamu dan mendapatkan lebih banyak Namun, membuat rencana karir akan membantu kamu dalam mengimplementasikan rencana itu dan menginspirasi kamu untuk bekerja ke arah itu. Tetapkan kerangka waktu untuk mencapai tujuan kamu di lapangan karena ini adalah bagaimana kamu akan tahu bahwa semuanya berjalan dengan baik.

5. Hilangkan pembelian “mewah”

Mayoritas orang memiliki produk mewah atau berbelanja sendiri sesuatu yang boros secara berkelanjutan. Lacak pengeluaran kamu untuk bulan itu dan tentukan berapa banyak yang telah kamu belanjakan.

Misalnya, banyak pelanggan membeli kopi atau makan siang setiap hari, tetapi membuat makan siang dan kopi sendiri dapat menghasilkan penghematan finansial yang signifikan. Kamu dapat mengurangi pembelian mahal satu per satu dan menghemat uang kamu.

6. Bayar Tagihan kamu Tepat Waktu

Tujuan keuangan utama yang dapat kamu capai di usia 20-an adalah membayar semua pengeluaran kamu tepat waktu. Jika tidak membayar tagihan kamu, kamu akan berakhir dengan skor kredit yang buruk dan akan menumpuk, sehingga sulit untuk membayar. Pastikan untuk membayar tagihan kamu tepat waktu dan menjadwalkan pembayaran otomatis ke akun kamu untuk memastikan kamu tidak pernah lupa membayar tagihan kamu.

7. Sisihkan dana untuk keadaan darurat setara dengan Biaya hidup 6 bulan

Pengeluaran untuk hidup selama enam bulan bisa terlihat sangat banyak. Dengan tabungan itu, pada akhirnya kamu akan dapat menabung cukup banyak untuk menutupi biaya biaya hidup selama setahun penuh. Masa depan kamu pasti akan lebih damai mengetahui bahwa kamu memiliki jaring pengaman untuk skenario terburuk dalam hidup kamu. Pastikan untuk menyimpan di rekening yang membebankan tingkat bunga yang lebih tinggi.

8. Menabung untuk membeli rumah

Menyimpan uang untuk membeli apartemen di usia 20-an mungkin tampak tidak signifikan. Namun, setelah kamu melunasi utang kartu kredit, kamu dapat mulai menabung untuk investasi properti. Menabung untuk investasi properti adalah proses yang panjang dan semakin cepat kamu memulainya, semakin cepat kamu dapat menemukan rumah impian yang selalu kamu inginkan.

9. Lakukan investasi yang bijak

Ini adalah metode yang efektif untuk meningkatkan tabungan kamu, namun pastikan untuk berinvestasi dengan hati-hati. Temukan saran dari para profesional berpengalaman dan mintalah saran saat membuat keputusan tentang investasi. Pastikan kamu melacak investasi karena mereka dapat membantu kamu dalam membuat keputusan keuangan sendiri dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.