Tujuan Go Public yang Diimpikan Banyak Perusahaan

Tujuan Go Public yang Diimpikan Banyak Perusahaan

Ungkapan Initial Public Offering atau IPO mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sering membaca cerita tentang perekonomian. IPO yang juga dikenal sebagai go public akan menjadi penawaran perdana saham kepada publik untuk memastikan bahwa itu populer. Sebagian besar perusahaan memiliki tujuan tertentu untuk go public, karena telah direncanakan dengan matang.

Apa itu Perusahaan Go Public?

Badan usaha publik adalah badan usaha yang telah menyediakan sahamnya untuk umum melalui tata cara yang diatur dalam Undang-Undang Pasar Modal dan Peraturan Pelaksanaannya. Menurut istilah yang digunakan di pasar modal, istilah “go public” mengacu pada perusahaan yang telah go public yang disebut perusahaan IPO (initial public offering). Ini adalah bisnis yang telah melakukan penjualan pasar perdana kepada masyarakat umum.

Setelah menempatkan sekuritas di pasar, bisnis dapat memperdagangkan sahamnya kepada masyarakat umum untuk membantu mendorong pertumbuhan perusahaan.

Syarat Perusahaan Bisa Go Public

Ada banyak perusahaan yang tidak bisa terdaftar di bursa. Aturan yang diberlakukan oleh Bursa Efek Indonesia sebagai penilai akan sangat ketat. Sebab, Bursa Efek Indonesia juga menginginkan perusahaan-perusahaan papan atas ikut masuk ke pasar modal. Hal ini tidak hanya baik untuk bisnis, tetapi juga akan menguntungkan Bursa Efek Indonesia dan pemerintah. Juga, secara umum itu adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk mendapatkan posisi ekuitas di bursa.

1. Apakah aset nyata yang dapat dibuktikan

Perusahaan yang berencana IPO harus memiliki aset senilai Rp 100 miliar. Ini dihitung setelah pembayaran pajak. Hal ini dibuktikan dengan dokumen resmi yang mereka miliki. Jika dapat mencapai jumlah tersebut dan melebihinya, maka usaha yang bersangkutan diyakini dapat mengelola asetnya dengan baik. Selain itu, akan dapat mengelola uang dari pembelian saham besar secara terorganisir dan bertanggung jawab.

2. Buat struktur organisasi yang jelas

Penting untuk dicatat bahwa Bursa Efek Indonesia hanya memilih perusahaan dengan orang-orang yang terampil, dan struktur perusahaan jelas dari atas hingga menengah. Perusahaan yang lebih besar, secara alami diatur dalam struktur yang rapi. Ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan karena strukturnya akan menjadi evaluasi bagi investor juga. Investor hanya ingin memberikan uang mereka kepada perusahaan yang dijalankan oleh para ahli dan dapat meyakinkan mereka bahwa bisnis dapat berkembang pesat di tahun-tahun mendatang.

3. Anda setidaknya harus mendapatkan penghasilan

Persyaratan IPO selanjutnya adalah perusahaan yang akan go public harus mempresentasikan laporan keuangannya. Pengelolaan keuangan mereka akan diteliti dengan cermat. Memang Bursa Efek Indonesia, tentunya hanya akan memilih perusahaan dengan manajemen keuangan yang baik. Ini juga merupakan perusahaan yang setidaknya dalam dua tahun terakhir telah menghasilkan keuntungan yang layak.

Mengingat persyaratannya yang cukup banyak, para pelaku usaha yang akan melakukan IPO harus mempersiapkannya dengan baik. Mereka juga perlu menyumbangkan dana untuk IPO agar sukses. Hal ini dikarenakan perusahaan diharapkan dapat bekerja sama dengan lembaga penjamin emisi yang membantu perusahaan dalam upaya menyelesaikan IPO secara efektif.

Sangat penting untuk bekerja dengan penjamin emisi karena mereka memiliki keahlian dalam pengelolaan perusahaan yang dijadwalkan untuk IPO. Mereka dapat memastikan keberhasilan mereka bagi perusahaan yang berencana untuk go public, karena mereka membantu dalam persiapan proposal dan promosi untuk memastikan bahwa tujuan penjualan saham tercapai.

Tujuan Perusahaan Go Public

Tujuan go public umumnya adalah untuk mendapatkan lebih banyak uang dari masyarakat umum. Dalam hal ini, perusahaan melepaskan saham tertentu kepada publik sebelum hanya mengizinkan individu tertentu saja yang dapat berinvestasi dalam bisnis tersebut. Setelah itu, dengan menggunakan dana tersebut bisnis dapat berkembang dan tumbuh secara substansial. Tidak mengherankan jika banyak bisnis ingin go public.

Ada alasan kedua untuk go public, yang akan menguntungkan bisnis. Ini tersedia di bawah ini.

1. Anda bisa mendapatkan pendanaan tanpa harus membayar biaya

Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa perusahaan akan dapat mengumpulkan uang dengan biaya yang lebih rendah daripada penjualan sahamnya sendiri. Perusahaan tidak perlu membayar bunga tambahan sebagai dana yang mereka terima dengan obligasi. Pajak bisa menjadi beban, itu pun belum termasuk biaya pelunasan utang yang disertai bunga. Bisnis tentu menginginkan dana yang tidak membebani mereka.

2. Sekarang terkenal

Perusahaan yang berhasil go public akan lebih dikenal, yang dapat meningkatkan citra mereka. Semakin perusahaan diakui semakin banyak investor akan tertarik untuk memasukkan uang ke dalam bisnis.

3. Tingkatkan nilai perusahaan Anda

Tujuan kedua dalam go public adalah untuk meningkatkan nilainya. bisnis. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga saham. Harga saham yang naik menunjukkan bahwa investor tertarik dengan sahamnya. Hal ini tentu menguntungkan bagi bisnis, selain itu perusahaan juga mampu menghimpun dana karena harga saham lebih tinggi.

4. Pendapatan perusahaan tumbuh

IPO akan mendongkrak pendapatan perseroan. Ini adalah cara tercepat untuk menerima dana karena setiap hari, ada transaksi yang terjadi dan bisnis dapat memanfaatkan dana untuk menjalankan bisnis mereka. Jika produksi usaha mereka meningkat maka keuntungan yang mereka peroleh juga akan meningkat. Inilah saatnya bisnis akan mendapat untung.

5. Perusahaan mungkin lebih besar dari sebelumnya

Perusahaan yang berhasil melakukan IPO cenderung menjadi lebih besar. Mereka dapat mendirikan anak perusahaan jika mereka ingin memulai bisnis di industri yang berbeda. Dalam hal ini, bisnis akan mampu menampung tenaga kerja, dan ini tentu merupakan hal yang baik bagi perekonomian negara. Bisnis yang sukses dalam IPO tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan mereka, tetapi juga memberikan keuntungan bagi bangsa dan masyarakat.

Dengan ide go public yang sangat menjanjikan, wajar saja jika banyak bisnis ingin listing di bursa. Inilah sebabnya mengapa perusahaan harus merencanakan IPO mereka sejauh mungkin dan memiliki dana yang cukup untuk dapat go public untuk IPO awal. Harapannya, dengan melakukan IPO akan ada prospek bisnis yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.